Dokumentasi Kehidupan

بسم الله الرحمن الرحيم

Kalau boleh bicara jujur
Sebenarnya, saya tidak berbicara seformal ini jika bertemu
Saya pun tidak sepuitis apa yang saya tulis
Saya pun tidak begitu ekspresif
Tidak seperti apa-apa yang saya tuliskan
Atau saya curahkan dalam blog ini

Namun biarlah tulisan saya menjadi sebuah dokumentasi diri saja
Sebut saja demikian
Sebenarnya saya menulis blog ini adalah untuk mendokumentasikan diri saya
Hanya lewat tulisan saja
Bukan dengan foto-foto atau video semacamnya

Karena yang ingin saya sampaikan disini hanyalah ide, harapan dan pengalaman saya
Bukan keseharian saya atau aktivitas saya sehari-hari
Bukan pula pencapaian-pencapaian saya
Blog ini hanya berkisah tentang apa yang saya fikirkan dan alami

Seperti anggapan seorang sahabat
Bahwa diri saya dalam blog lebih ekspresif daripada diri saya sebenarnya
Lewat tulisan saya bisa berekspresi lebih dibandingkan ekspresi pada wajah saya
Mungkin inilah cara saya untuk menyampaikan sesuatu lebih baik
Dibanding saya harus berbicara secara langsung
Karena terkadang ucapan tak selamanya ingin didengar
Karena terkadang cita dan cinta tak harus selalu diketahui banyak orang

Kesemuanya hanya perlu difahami, dimengerti dan dirasakan
Ya benar, merasakan akan lebih bermakna, lebih berarti dibandingkan hanya berbicara atau mendengar
Hal itulah yang selalu saya pelajari dan amati
Banyak orang bersikap berbeda dihadapan orang yang berbeda pula
Karena mungkin 'sesuatu' yang ia harapkan pun berbeda

Setelah banyak menulis
Saya jadi yakin bahwa blog ini mencirikan saya apa adanya
Dengan segala sesuatu yang terjadi secara berbeda
Dengan ide dan pengalaman berbeda

Saya ingin tunjukkan bahwa inilah diri saya
Dengan apa-apa yang pernah saya fikirkan
Dengan pengalaman apa yang pernah saya rasakan dan mengambil makna darinya
Segala hal di blog ini mengenai saya
Bukan karena saya narsistic tapi karena saya ingin berubah
Saya ingin memperbaiki diri, diri saya kini dan nanti
Saya ingin menyadarkan diri sendiri bahwa saya pernah terjatuh dan sudah berhasil bangkit
Bahwa saya ingin menguatkan tekad diri untuk meraih hal yang lebih baik lagi
Bahwa saya ingin melakukan yang terbaik yang lebih dari apa-apa yang saya lakukan sebelumnya
Bahwa saya tidak ingin mengulang kembali kesalaham dan kekurangan saya dimasa lalu

Sebutlah ini dokumentasi diri yang bertujuan pada masa depan
Sebut saja ini dokumentasi perubahan diri saya menjadi lebih baik
Dokumentasi diri saya mengubah kesalahan menjadi kebaikan, mengubah kebiasaan buruk menjadi energi positif
Semoga Allah memberi saya kemudahan dalam memaknai hidup saya dengan berdasar pada islam
Islam agamaku, rahmat bagi seluruh alam.
Insya Allah

 
 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Nasihat Rasulullah Kepada Fatimah