Umahat Terkasih Ibunda Yoyoh Yusroh

Bismillahirrahmanirrahim...

Semoga cinta dan kasih Allah senantiasa tersampaikan untuk ibunda kita, Yoyoh Yusroh, berada di sampingMu ya Allah.

* Berikut ini ringkasan dari tausyiah almarhumah Ustadzah Yoyoh Yusroh tentang pergerakan islam (IMSA, United Stated).

Bagaimana pergerakan islam melindungi umat muslim dari globalisasi yang semakin meluas, semakin semarak mudharatnya..

1. Perbaikan keimanan saudara-saudara seiman kita
2. Perbaikan ahlaq menjadi ahlaq yang baik
3. Perbaikan sosial masyarakat pada umumnya

*Peran Dakwah Keluarga Terhadap Lingkungan

Ingatlah bahwa da'wah kita adalah da'wah Illallah (hanya kepada Allah)

Rasulullah sangat apresiatif kepada putri-putrinya. Kisah Zainab yang memiliki suami seorang kafir, beliau tidak memaksa Zainab ikut hijrah ke madinah, tapi setelah turunnya surat Al-Baqoroh: 121 beliau mengajak Zainab berhijrah, maka Zainab ikut berhijrah. Tetapi beliau tidak memaksa Zainah, tapi menghargai putrinya.

Rasulullah tidak melalaikan ibadah kepada Allah walaupun sedang berada di samping istri tercintanya Aisyah

Rasulullah sangat disayangi oleh paman-pamannya, bahkan dilindungi dan disayang. Paman-pamannya tidak menyukai beliau karena aqidahnya bukan karena ahlaqnya.

Ikhwan dan akhwat sebagai kader da'wah, upaya kita, jalan kebaikan kita harus kita sosialisasikan kepada keluarga kita. Posisi kita di keluarga dan di lingkungan pun sama-sama merasakan kebaikan da'wah kita. Sampaikan kasih sayang kita, sampaikan ahlaq-ahlaq terbaik kita kepada orang tua kita. Lakukan upaya-upaya agar da'wah kita dapat diterima di dalam keluarga atau pun di lingkungan. Lakukan da'wah di rumah dengan baik, karena pencerminan dakwah kita adalah kebaikan, kelancaran komunikasi kita di dalam rumah.

Ketika kita berda'wah kepada lingkungan, maka mulailah dari lingkungan terdekat kita, yaitu tetangga kita. Ayat alqur'an dan hadist menganjurkan kita untuk bersikap baik kepada tetangga. Dalam sebuah hadist disebutkan bahwa,
"Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari kiamat maka muliakanlah tetangganya, barangsiapa yang beriman kepada Allah hendaklah ia berkata baik atau diam"
Rasulullah mengingatkan kita agar bersikap baik kepada tetangga, karena jika sesuatu yang terjadi pada kita atau jika terjadi sesuatu pada tetangga kita.

Abdullah bin mubarak : tetangga paling baik yang dikasihi tetangganya, hingga harga tanah rumah tetangganya itu dilebihkan untuk diberikan kepada Abdullah bin mubarak yang sangat ia hargai sebagai tetangganya yang paling baik

Abdullah bin maruk : berbuat baik pada sekumpulan semut yang ada disamping rumahnya (berbuat baik kepada tetangga dan makhluk hidup disekitar kita).

Kita harus berupaya untuk berbuat baik kepada tetangga karena tetangga adalah lingkup kehidupan sosial kita sehari-hari.

*Nasihat terakhir bagi seorang muslim dan muslimah
  • Berusaha berupaya menghargai sunnatullah
  • Sayangi yang muda, hormati yang tua, sayangi yang kaya juga miskin
  • Tepati janji
  • Balaslah kebaikan dengan kebaikan yang sama atau yang lebih baik
  • Jagalah misi kebaikan kita selalu dalam kondisi 'on', untuk menyampaikan risalah da'wah ini, semakin ringan langkah-langkah da'wah kita agar tersampaikan maksud kita untuk mengajak saudara-saudara kita.
Sumber : audio tausyiah beliau @youtube

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Nasihat Rasulullah Kepada Fatimah