Tentang Sabar

Bismillahirrahmanirrahim. Kali ini tentang sabar karena dirasa materi yang paling dibutuhkan sehingga perlu diketahui lebih dalam :)

Perintah untuk bersabar
Sabar, kita diperintahkan untuk senantiasa bersabar dalam kondisi apapun tertera di beberapa ayat dalam Al-Qur'an :
~ Al-Baqoroh:45
   "Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’"
~ As Sajdah:24     "Dan Kami jadikan di antara mereka itu pemimpin-pemimpin yang memberi petunjuk dengan perintah. Kami ketika mereka sabar. Dan adalah mereka meyakini ayat-ayat Kami."
~ Ar Ra’d:22      "Dan orang-orang yang sabar karena mencari keridhaan Tuhannya, mendirikan shalat, dan menafkahkan sebagian rezki yang Kami berikan kepada mereka, secara sembunyi atau terang-terangan serta menolak kejahatan dengan kebaikan; orang-orang itulah yang mendapat tempat kesudahan (yang baik)."

Urgensi kesabaran
Sabar & Keimanan.
Kaitan antara sabar dengan iman, adalah seperti kepala dengan jasadnya. Tidak ada keimanan yang tidak disertai kesabaran, sebagaimana juga tidak ada jasad yang tidak memiliki kepala. Oleh karena itulah Rasulullah SAW menggambarkan tentang ciri dan keutamaan orang yang beriman sebagaimana hadits di atas.

Sabar juga memiliki dimensi untuk merubah sebuah kondisi, baik yang bersifat pribadi maupun sosial, menuju perbaikan agar lebih baik dan baik lagi. Bahkan seseorang dikatakan dapat diakatakan tidak sabar, jika ia menerima kondisi buruk, pasrah dan menyerah begitu saja.

Sabar dalam ibadah diimplementasikan dalam bentuk melawan dan memaksa diri untuk bangkit dari tempat tidur, kemudian berwudhu lalu berjalan menuju masjid dan malaksanakan shalat secara berjamaah. Sehingga sabar tidak tepat jika hanya diartikan dengan sebuah sifat pasif, namun ia memiliki nilai keseimbangan antara sifat aktif dengan sifat pasif.

Bentuk-bentuk sabar dalam islam
1. Sabar dalam ketaatan kepada Allah.
2. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan.
3. Sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah.

Cara agar dapat meningkatkan kesabaran
1. Mengkikhlaskan niat kepada Allah SWT.
2. Memperbanyak interaksi dengan Al-Qur'an.
3. Memperbanyak puasa sunnah.
4. Mujahadatun nafs (berusaha menjauhi hal-hal negatif, baik dalam diri maupun dari lingkungan)
5. Mengingat-ingat kembali tujuan hidup di dunia.
6. Perlu mengadakan latihan-latihan untuk sabar secara pribadi.
7. Membaca-baca kisah-kisah kesabaran para sahabat atau ulama.

Do'a agar dapat bersabar

“Ya Allah, aku mohon ridho (dalam hatiku) sesudah keputusanMu, kesejukan hidup setelah kematian, kelezatan memandang wajahMu dan kerinduan berjumpa denganMu.” (HR Ahmad) 

Referensi:
1.www.salsabeela.com
2.www.eramuslim.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Resensi buku "Membentuk Karakter Cara Islam"