Fluktuasi Mood

 بسم الله الرحمن الرحيم 

Astagfirullah.. astagfirulla.. astagfirullah..
Sabtu-Minggu yang cukup padat dan akhir dari segala amanah saya di tahun 2012 ini.
Bukan menyesalkan amanah, tapi menyadari kesalahan besar yang berulang sehingga capaian saya sering kali gagal untuk diwujudkan..

Hal itu adalah mood
Hal yang kecil yang menjadi besar ketika memang belum mampu dikontrol dan disesuaikan dengan kondisi yang menuntutnya

Mood ini seringkali berubah, mudah sekali berubah
Lebih cepatnya ketika memang amal yaumiyah tidak terjaga
Kadang rajin kadang tidak
Ketika teringat hal tersebut saya sering mengutuki diri sendiri yang belum mampu belajar dari setiap peristiwa yang Allah sampaikan agar saya mampu belajar
Tapi entah mengapa, selalu kembali lagi, kembali tak terkendali
Innalillahi, Ya Allah ampunilah..

Kemudian di suatu kesempatan sharing beberapa hal tentang 'pengendalian diri'. Jadi yang saya tangkap adalah bagaimana ketika kita berada dalam tekanan yang sangat hebat atau justru ketika muncul 'syetan' dalam diri untuk berbuat tak berarti, duduklah diam, bernafalah dan mulai beristigfar sebanyak mungkin, serta ingat kembali tujuan-tujuan sebenarnya tugas atau aktivitas tersebut. Dapatkan kembali 'percikan-percikan' semangat yang sebelumnya pernah hadir dan yang terpenting adalah sangat harus menjaga amalan yaumiyah, bermunajatlah kepada Allah ketika sedang terhimpit maupun ketika lapang.

Harapan saya selanjutnya adalah mengalihkan mood saya yang seringkali berfluktuasi tanpa arah yang jelas. Bismillah, ya Allah tolong ajari hambamu yang alfa ini hingga mampu benar-benar hamba kendalikan dengan sebenar-benarnya, aamiin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Resensi buku "Membentuk Karakter Cara Islam"