Tarbee Yeah!

Gue dan tarbiyah..

Ceritanya dlu si gue ni masih bocah-bocahnya, baru anak esempe yang gatau apa-apa. Pas awal masuk esempe, gue lebih prefer ikut ekskul taekwondo yang banyak penggemarnya gitu, karena emang taekwondo esempe 5 itu terkenal karena prestasinya dan paling diminati sama anak-anak esempe pas jaman gue baheula.

Tapinya selain taekwondo, ada ekskul yang waktu jaman-jamannya OR, kliatannya asik banget, rame banget, soalnya knp? Masjid wktu itu didandanin cute banget, rame pokoknya, orang-orang yang biasa shalat pasti sering pnasaran. Jadi akhirnya gue ikut 2 ekskul yang bner2 gue jalanin & sneng bgt kalo lg kegiatan.

Taekwondo itu latihannya cape, tapi ga sia-sia banget, badan berasa ringan dan banyak ngabisin kalori. Selain itu juga, paling gue seneng soalnya jaman dlu masih tomboy banget, sblm akhirnya pake seragam baru yaitu baju muslim :)

Jujur dari dulu jarang banget pake rok, kalo pake pun sering diangkat-angkat karena repot, biarin deh kakinya kliatan juga yang penting ga ribet (jaman dlu). Ga kerasa dan ga sadar kalo sekarang hampir ga pernah pake celana dan stok celana sama rok udah beda jauh, kira-kira 1:10. Bingung juga kadang kalo mau pake celana mesti pake yg mana khawatir terlalu ketat ato ga cocok gue pake.

Sifat tomboy gue juga mungkin yang berubah lebih ‘tertata’ semenjak gue pake jilbab pertama gue di esempe. Awalnya ribet, susah jalan, kalo kemana-mana roknya agak diangkat biar bisa jalan cepet. Kalo lagi mentoring pun seringnya sambil tidur-tiduran santai, sambil ngemil ato baca komik. Lucu banget inget-inget jaman dlu si gue yang lugu.

Tarbiyah gue si emang dari dulu, tapi pas tarbiyahnya bner2 nempel di pikiran gue itu pas mentoring gue di esema. Sebelum gue pindah, dkm d esema itu kayak minoritas, jarang banget yang ikutan, kalo ikutan pun cuma orang-orang itu lagi itu lagi. Yang gue seneng dari dkm esema sebelumnya yaitu kekeluargaannya, bner-bner perhatian karena kita sama-sama anak dkm, tapi juga tetep selalu bisa jaga perasaan kita kalo mau ngasi nasehat, ga main tembak-tembak aja.

Pas gue udah pindah, nemu dkm yang waaahhh sistemnya udah jalan banget, anggotanya banyak abis dan semuanya orang-orang hebat. Walopun akhirnya tau kalo itu cuma salah satu strategi, tapi pilihan tepat banget gue udah masuk diantara orang-orang hebat itu.

Tarbiyah di esema ini ngajarin gue banyak hal, mulai dari pemahaman, penerapan sampe ke ngejaga hijab pandangan dan pergaulan. Teteh dan akangnya pun kocak-kocak, ga serius ato maksa-maksa, tapi kita jadi nyaman disana dan serasa keluarga. Bisa dibilang, kalo dirumah ga ada kerjaan, tempat tongkrongan lain ato rumah kedua gue itu di masjid :DDD

Lalu tarbiyah si gue lanjut ke kuliah. Karena masih jalur esema, gue lebih fun dan lebih banyak ilmu dari tmen-temen beda univ. Kita jadi bisa saling berbagi banyak hal, jadi kalo liqo itu mulai pagi selesei sore dan seringnya gitu, minimal 5 jam karena pembahasannya banyakk.. :)

Tarbiyah sekolah itu bikin jadi penguatan khusus buat gue, karena dalam kondisi yang beda jauh, dan keadaan yang variasi juga kita saling bagi-bagi tips dan saling ngedo’ain. Tmen-tmen liqo udah jadi sodara buat aku, rasanya ga ada batas apa-apa lagi waktu itu, sampe sebelum kita kepisah.

Di kuliahan, walopun pindah jalur tabiyah, tapi gue sadar kalo tarbiyah itu ga keiket waktu, tempat, ato orang, yang penting kita serius untuk sama-sama perbaikin diri dan nambah pemahaman kita. Emang butuh proses dan waktu, sampe akhirnya gue bisa lewatin it semua :D

Sekarang gue pengen kalo tarbiyah bisa jadi bekel gue sebelum nikah ato kerja. Seperti yang teteh liqo esema bilang,
liqo ato tarbiyah kita bisa jadi ga bakal selamanya, maka dari itu manfaatin waktu-waktu berkualitas itu buat jadi bekel kita dakwah pasca ga bisa tarbiyah
AAAmiiin yaa Rabb, kabulkalah.. :)

Komentar

Feni Widya Jayanti mengatakan…
kalo ngomongin tarbiyah selalu inget kata-kata 'Tarbiyah bukan segalanya, tapi segalanya berawal dari tarbiyah'.

Saya juga dulu sewaktu eSeMaA bisa dibilang masuk ke dunia tarbiyah itu awalnya karena jebakan. Dan sekarang saya tau, bahwa jebakan yang membawa saya ke tarbiyah itu adalah jebakan indah dan manis..^o^..

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Resensi buku "Membentuk Karakter Cara Islam"