Setengah Mateng

Bismillah...

Permasalahannya ada pada ‘setengah’, kesannya ga fokus sama versi dirinya. Kalo mau ya serius, maksudnya pandai2lah pertahanin label dirinya & bkin keadaan itu jadi kebiasaan yang mengerak jadi karakter. Itu sebenernya yang idealnya, emang harusnya gitu. Sesuatu yang diketahui, difahami dan dilaksanain sepenuhnya dengan bner2 pasti akan jadi kebiasaan baik yang membentuk karakter, kata Anis Matta dlm bukunya ‘Membentuk Karakter Cara Islam’.

Saya sadari tentang kaitan antara kebiasaan dan karakter sehari-hari yang menjadi kerak di alam bawah sadar, yang kemudian menjadi landasan semua aktivitas, pilihan dalam ngejalanin kehidupan.

Jadi penting banget pastinya, untuk ngejaga konsistensi kita pada semua hal tanpa terkecuali (internal ato eksternal), untuk ammah ato yang hanif sekalipun. Gada potensi pembeda yang menajadi urgensi. Utamanya jauhin sifat ekslusif yang mmbentuk bkin ga empati.

Seharusnya kasih teladan ahlaq yang baik itu gmn, dan semoga bisa jadi kebiasaan baik yang mengakar dan jadi karakter, ato ahlaq yang baik seperti dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Termasuk dalam menajaga amalan yaumiyah ;D

Wallahu’alam

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Resensi buku "Membentuk Karakter Cara Islam"