Diary Kehamilan ke-2

Bismillahirrahmanirrahim..

Alhamdulillah Allah mempercayakan kami anak ke-2. Kini kehamilanku sudah masuk Minggu ke-23, artinya sudah masuk trimester ke-2 kehamilan. Namun sayangnya, dikehamilanku ini tidak sesuai rencana karena aku merencanakan kehamilanku saat berat badanku normal. Namun kini aku sedang mengandung saat bbku tergolong berlebih.

Ternyata hamil saat BB berlebih sangat berpengaruh besar terhadap produktivitas ku dan kemampuan mobilitas ku. BB berlebih membuatnya mudah eungap atau sesak napas seringnya. Juga nyeri-nyeri yang lain.

Symphisis Pubis Diastasis (SPD) atau Nyeri pada tulang/otot kemaluan
https://www.alodokter.com/bumil-ini-cara-mengatasi-ngilu-pada-kemaluan-saat-hamil

Pada artikel juga dituliskan beberapa penyebab nyeri dibagian tersebut. Beberapa point' memang aku alami. Seperti :
- kehamilan kedua
- kelebihan berat badan
- riwayat sakit punggung belakang saat hamil pertama

Awalnya memang aku meremehkan kelebihan BB ini. Namun kini, saat ku benar-benar mengalaminya, aku sadari, betapa pentingnya mengatur BB ideal untuk memulai kehamilan.

Jadi resiko yang harus aku ambil kini yaitu mengatur pola makan & berolahraga secara rutin. Agar BB berlebihanku tidak mempengaruhiku saat hamil dan setelahnya, juga tidak mempengaruhi janinku kelak, baik saat di dalam perut, juga saat dilahirkan, insya Allah.

Juga paling utama, yaitu banyak berzikir kepada Allah, minta perlindungan dan pertolongan dari-Nya. Karena rencana dan ikhtiar semata-mata hanya untuk meraih ridhoNya. 

Bagaimanapun hasilnya nanti, bismillah aku sudah berusaha yang terbaik bagi janinku dan dihadapan Illahirabbi. Aku tidak ingin rasa malasku mempengaruhi janinku kelak. Rasanya beban itu lebih berat 2x lipatnya dibandingkan pengorbanan yang hanya aku sendiri yang merasakannya.

Jadi aku merencanakan untuk memperbanyak asupan protein, serat dan vitamin dari buah dan sayuran. Plus olahraga terutama saat bulan suci ini. Setelah shalat subuh dan setelah shalat ashar. Bismillah, ya Rabb istiqomahkanlah aku...

Niatku semata-mata agar aku tidak tergolong pada hambaNya yang kurang bersyukur (telah dititipi janin dalam rahimku) dan meraih ridho' Allah dengan berikhtiar semaksimal mungkin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

The Pure Love