Korelasi Antara Masalah dan Kebahagiaan

Bissmillahirrahmannirrahim

Ketika kehidupan selalu berputar, maka masalah adalah aspek yang terlibat di dalamnya
Ketika Allah menguji seseorang dengan masalah, hal ini menandakan bahwa Allah menyayangi orang tersebut.
Karena masalah adalah anak tangga mencapai derajat yang lebih tinggi seorang muslim yaitu taqwa.
Tanpa masalah tidak ada kesempatan-kesempatan seseorang untuk membuka pemikiran baru dan luas tentang cara penyelesaiannya.
Orang bijak berkata, seorang yang sukses dapat sukses dengan berbagai masalah.
Bukan berarti harus mencari masalah, karena tidak ada sesuatu yang 'tidak disengaja' di dunia ini. 
Segala hal yang terjadi adalah kuasa Allah SWT.

Saya menyadari bahwa kebahagiaan tidak hanya berasal dari kesempurnaan atau kelebihan-kelebihan tapi dari rahmat Allah yang sesuai dengan keadaan masing-masing individu.
Walaupun begitu seperti kita ketahui bahwa fitrah manusia menginginkan sesuatu yang ideal menurutnya.
Dan saya pun menyadari bahwa langkah-langkah kehidupan merupakan pembelajaran utama untuk merealisasikan idealisme dengan realita.
Hingga saat ini saya merupakan orang yang masih harus banyak belajar tentang berbagai hal yang saya fikir tidak sesuai dengan idealisme saya ataupun keinginan pribadi saya, dan saat ini hingga kapanpun merupakan fase pembelajaran saya untuk menerima dan memahami apa yang pada awalnya tidak saya terima.

Hakikat yang saya dapatkan antara masalah dan kebahagiaan yaitu bahwa kebagiaan dapat muncul ketika kita telah mampu menyelesaikan masalah.
Hal yang sangat sederhana, tapi begitulah adanya.
Tidak selamanya kita bisa dari masalah yang selalu datang kepada kita hanya dengan alasan ataupun pelepasan tanggung jawab.
Justru karena kita berani menyelesaikan masalah, seberat apapun itu.
Walaupun akan ada yang tersakiti, atau disakiti.
Walaupun akan timbul rasa kecewa, sakit hati, penyesalan tapi semua itu harus mampu dilewati dengan pengendalian masalah.
Secara tidak langsung saya belajar dari orang tua, kakek nenek serta saudara tentang bagaimana mereka menyelesaikan masalah.
Tidak selalu dengan cara yang luwes ataupun bijak, sering kali dengan cara-cara lain yang berliku dan berduri.
Tapi yang saya yakini adalah mereka berani dan sanggup menyelesaikannya walaupun membutuhkan banyak pengorbanan.

Peribahasa mengatakan setelah badai terbitlah terang, mungkin berlaku juga.
Ketika masalah terselesaikan maka akan muncul kebahagiaan-kebahagiaan.
Baik kebahagiaan kecil mapun besar, baik yang secara difisik maumpun mental, dan aspek lainnya yang pastinya meningkat atau mengalami perubahan yang lebih baik.
Karena Allah tidak akan menimpkan masalah kepada seseorang jika dia tidak mampu menyelesaikannya.
Karena Allah SWT Maha Adil, Maha Pengasih dan Penyayang.
Jangan lupa giatkan berdo'a karena do'a dapat menunjukkan takdir yang terbaik yang Allah tentukan untuk kita.

Wallahu 'alam bissawab

"Ya Allah karuniailah kami dengan kesabaran yang sebenar-benarnya,
keikhlasan yang sebenar-benarny,
keistiqomahan untuk selalu berusaha dan berdo'a mengharapkan keputusan terbaikMu"
Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

The Pure Love