Pola Makan Sehat

Bismillahirrahmanirrahim..

Mari kembali sejenak kita kaji masalah kesehatan, hal yang berkaitan erat dengan jasadiyah yang wajib kita jaga sebagai salah satu amanah yang telah Allah berikan kepada kita. Pada umumnya kesehatan itu bersumber dari apa yang kita makan sehari-hari, terlepas dari aktivitas dan olahraga. Makanan yang dikonsumsi sehari-hari dapat memiliki manfaat yang baik bagi tubuh dan ada yang justru sebaliknya, menjadi sumber berbagai macam penyakit. 

Perbedaan jenis makanan, pola makan, cara pikir, gaya hidup, pola konsumsi dan banyak faktor lainnya yang mempengaruhi perbedaan efek yang dihasilkan dari makan yang dikonsumsi. Cara yang terbaik mencegah timbulnya penyakit sejak dini yaitu mengatur pola makan dan mengubah cara pikir kita tentang konsumsi makanan.

Pola pikir yang baik tentang makanan akan mendorong kita untuk mampu memilah milah makanan yang paling baik dan bermanfaat bagi tubuh serta mampu dan mau mengurangi makanan-makanan yang dapat berdampak negatif pada tubuh kita.

Menata kembali pola pikir dengan mulai berfikir bahwa kita harus melihat makanan sebagai pendukung hidup dan aktivitas kita, bukan sebagai pemuas nafsu lapar. Karena jika makanan diposisikan sebagai benda yang mampu memuaskan nafsu lapar maka makanan-makanan di dunia ini tidak mampu memberikan kepuasan selamanya, hanya bersifat sementara tergantung dari persepsi setiap orang yang berbeda-beda.

Gaya hidup sehat yang dilaksanakan dengan baik mampu mengimbangi kegiatan kita yang sangat padat tanpa berolahraga secara rutin. Intinya aturlah jumlah makanan sesuai dengan kegiatan atau aktivitas yang akan kita kerjakan kemudian. Pengaturan sederhana ini mampu mengefektifkan penyerapan makanan yang dikonsumsi dengan aktivitas yang dikerjakan sehingga mengurangi kemungkinan penumpukan kalori dan nutrisi pada tubuh. Dalam jangka waktu yang panjang, penumpukan makanan dalam tubuh dapat menyebabkan kenaiakan berat badan yang berlebihan serta berbagai macam penyakit yang tidak kita inginkan.

Rasulullah SAW pun memberikan teladan yang sangat sederhana tetapi mudah dimengerti :
Isilah perutmu dengan 
1/3 makanan
1/3 minuman
1/3 untuk pernafasan

Anjuran yang sangat simple lagi mudah juga banyak membawa manfaat besar bagi ibadah-ibadah kita. Beliau juga menyarankan agar makan tidak boleh berlebihan, karena segala hal yang 'berlebihan' akan membawa banyak kemadharatan atau efek negatif dibandingkan efek positifnya.

Satu hal lagi, nafsu makan dan minum secara berlebihan merupakan nafsu manusiawi yang wajib kita kendalikan dengan bijaksana, karena jika berlebihan akan menurunkan 'jam terbang' ibadah dan aktivitas kita, perlu diingat pula nafsu makan dan minum berlebihan pun termasuk kuasa syaitan untuk semakin melalaikan kira kepada mengingat Allah SWT ^-^

Tips sederhana memilah-milah makanan :
1. Jangan lupa sarapan pagi (disesuaikan dengan aktivitas disiang hari)
2. Imbangi konsumsi pangan hewani dengan pangan nabati (sayuran, kacang-kacangan)
3. Konsumsi juga buah-buahan sebagai asupan vitamin bagi tubuh
4. Hindari jajanan yang kurang bermanfaat (dalan konsumsi banyak atau rutin)
5. Variasikan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi agar tidak jenuh
6. Hindari makanan dengan proses pengolahan tidak sehat atau berlebihan (penggunaan minyak berlebih)
7. Imbangi jumlah makanan yang dikonsumsi dengan air putih. Karena konsumsi air putih mampu meningkatkan penyerapan nutrisi-nutrisi dari makanan
8. Hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat pada malam hari, karena penyerapan pada malam hari kurang efektif karena tubuh akan mengalami istirahat (metabolisme melambat).
9. Pilihlah makanan dengan pengolahan yang minimal dengan kualitas maksimal agar penyerapan nutrisi dari makanan didapatkan secara maksimal.
10. Konsumsi serat dan buah-buahan agar pencernaan dan pengolahan makanan dalam perut lancar.

Setelah kita berusaha menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan, kemudian berdo'alah kepadaNya Sang Maha Pemberi Kesehatan (Berkah) :
"Allahumma 'afini fi badani, Allahumma 'afini fi sam'i, Allahumma 'afini fi basari"
(Ya Allah sehatkanlah badaku, sehatkanlah penglihatankun, sehatkalah pendengaranku)
Sekian cerita dan tips dari saya mengenai pengendalian konsumsi makanan, semoga bermanfaat^^
"Your Health What You Eat"

by Mizz Pure. Oktober 2011. 23:49

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

The Pure Love