"Perawatan Wajah Sederhana Bagi Muslimah"

Bismillahirrahmanirrahim..


Alhamdulillah wa syukurillah segala puji bagi Allah SWT Sang Maha Pemberi Hikmah, Berkah serta HidayahNya selalu terlimpah curah bagi seluruh hambanya.

        Pada sesi kali ini saya akan mengangkat tentang alasan mengapa seorang muslim harus mampu menjaga kesehatannya terutama wajah dan cara-cara sederhana untuk merawat kesehatannya. 

      Alasan mengapa saya ingin mengangkat masalah ini adalah karena saat ini banyak muslimah yang lupa tentang keharusannya menjaga kesehatan kulit khususnya wajah dan perawatan-perawatan lainnya untuk menjaga kesehatan. Pada mulanya saya termasuk orang yang sering lupa tentang pentingnya merawat diri sejak dini karena kesibukan kuliah ataupun masih merasa bahwa hal-hal tersebut tidak teramat penting untuk dilakukan. tetapi semakin beranjak dewasa, saya sadar bahwa segala hal yang Allah berikan kepada kita termasuk diri kita harus dijaga dan dirawat sehingga kita mampu menjaga amanah yang Allah berikan dengan maksimal.
          Pertama saya akan membahas tentang badan secara keseluruhan. Saat dewasa seseorang akan tumbuh besar dan berkembang hingga mencapai batas umur pertumbuha sehingga tidak akan kembai berkembang lagi. Setelah masa perkembangan, kita akan masuk pada tahap perawatan sel-sel tubuh yang telah ada dan akan beregenerasi perlahan sesuai siklusnya tetapi tidak akan berkembang lagi (misalnya tidak akan bertambah tinggi lagi). Oleh karena itu saya sarankan kepada para muslimah semua untuk mau dan harus merawat diri sendiri agar terjaga kesehatan dan kebugarannya.

Hal sederhana yang dapat dijaga untuk mempertahankan kesehatan tubuh adalah :
  1. Menjaga makanan : 1/3 makan, 1/3 minum, 1/3 untuk bernafas (Perintah Allah SWT).
  2. Ubah pola pikir tentang makan. Saat akan makan sesuatu, ingatlah apa yang akan kita lakukan kemudian, lalu tentukan porsi yang tepat untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat menjalankan aktivitas tersebut. Hal ini akan mengefisienkan makanan yang masuk ke dalam tubuh, karena kemungkinan penumpukan makanan di dalam tubuh akan sangat rendah.
  3. Biasakanlah melakukan kegiatan berjalan atau melakukan gerakan sederhana disela-sela kesibukan (untuk mengefisienkan jumlah nutrisi dalam tubuh).
  4. Biasakan minum air setiap hari, sesuaikan dengan kebutuhan (tergantung aktivitasnya). Karena air adalah komponen pelarut nutrisi-nutrisi dalam makanan sehingga penyerapan nutrisi ke dalam tubuh akan lebih cepat, juga sebagai komponen penting dalam metabolisme tubuh. (Standar : 2,5 Liter)
  5. Jika  tidak sanggup untuk minum air 2,5 liter per hari maka selingi dengan konsumsi vitamin C. Saya pernah mendapatkan info kesehatan tentang konsumsi vitamin C dapat mendukung kebutuhan air yang banyak bagi tubuh.
  6. Saat waktu luang atau waktu libur, lakukan pemanasan-pemanasan ringan dan peregangan otot-otot atau senam ringan untuk menguatkan otot-otot badan agar tidak mudah lemes dan tidak mudah pegal.

        Yang kedua, saya akan membahas tentang cara perawatan wajah. Menurut saya perawatan wajah adalah salah satu hal yang cukup penting untuk diperhatikan, karena dari buku yang pernah saya baca wajah merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan ketika kedua orang sedang berbicara atau mendiskusikan sesuatu. Sering terjadi pada saya, ketika muncul jerawat pada wajah saya dan umumnya agak besar orang-orang yang bertemu saya atau berbicara dengan saya akan terfokus pandangannya bukan kepada mata saya tetapi kepada jerawat yang saat itu sedang saya miliki. Pada buku tentang komunikasi yang pernah saya baca, hal ini merupakan salah satu kendala terciptanya komunikasi yang efektif. Karena alasan tersebutlah saya selalu berusaha agar wajah saya harus bersih dan terawat agar tidak muncul jerawat.

            Setelah beberapa ikhtiar saya untuk merawat dan menjaga wajah agar tetap bersih dan sehat akhirnya saya dan ibu saya pergi ke dokter spesialis kulit yang kami percaya. Kami banyak bertanya tentang masalah kulit terutama wajah. Dokter tersebut berkata bahwa kulit saya termasuk kulit kering berjerawat yang sensitif. Maksudnya jika wajah saya tidak bersih maka akan sangat mudah timbul jerawat. Solusi dari masalah jerawat ini adalah perawatan yang rutin untuk menjaga agar kulit saya tetap bersih agar kulit sehat dapat tercapai.



Berikut ini saran-saran yang dokter berikan kepada saya (unuk kulit kering sensitif) :
1. Jangan menggunakan produk-produk yang mengandung banyak moisturizer (karena produk-produk ini mengandung banyak lemak sehingga mampu membuat kulit berminyak dan ada kemungkinan timbul jerawat)
2. Jagalah makanan yang dikonsumsi, hindarkan konsumsi minyak berlebih, kacang, produk hewani (intinya makanlah secukupnya jangan berlebihan) dan tingkatkan konsumsi buah-buahan dan sayuran (karena vitamin-vitamin untuk kesehatan wajah terdapat pada sayuran dan buah-buahan).
3. Jangan menggunakan produk kosmetik yang sifatnya mampu menutup pori-pori wajah (seperti foundation, compact powder)
4. Lakukan pembersihan secara rutin setiap hari pada wajah.
5. Tambahan : Mencegah black spot pada kulit (muncul saat usia tengah baya) jangan terlalu sering membiarkan kulit terpapar matahari karena sinar matahari yang kuat mampu menembus kulit dan menimbulkan bintik hitam. Maka dari itu jangan lupa menggunakan anti UV dan payung/ barang yang bisa mengurangi kontak kulit dengan matahari langsung. 

Perawatan wajah yang harus dilakukan untuk menjaga agar kulit tetap sehat :
  • Kompreslah wajah dengan handuk yang telah dicelupkan ke dalam air panas (yang masih dapat dipegang tangan), biarkan beberapa saat sambil dipijat perlahan.
  • Gunakan milk cleanser, pijat perlahan ke seluruh bagian wajah dan leher secara merata, lakukan dengan gerakan memijat, biarkan komponen milk cleanser mengangkat minyak-minyak atau kotoran atau kosmetik yang masih menempel pada wajah.
  • Lalu gunakan facial foam tanpa scrub (scrub dpt mengikis permukaan kulit dan tidak baik untuk penggunaan setiap hari). Lakukan pula gerakan memijat. Fungsi sabun disini adalah sebagai emulsifier antara minyak atau kotoran pada wajah dengan milk cleanser, karena dengan penyegar saja tidak cukup untuk mengangkat kesemuanya itu.
  • Lalu kompres kembali wajah yang telah bersih dari sabun dengan handuk hangat. Baru setelah itu gunakan cairan penyegar untuk menyegarkan wajah dan sebagai 'finishing touch' pembersihan. Lakukan gerakan seperti mengepuk-ngepuk secara perlahan-lahan, lakukan seakan-akan kita sedang memanjakan kulit kita.
Contoh pemijatan wajah sendiri :
  • Setelah wajah bersih dari semua kotoran, minyak ataupun make up, baru gunakan obat jerawat yang biasa digunakan jika saat itu ada jerawat atau komedo pada wajah.
  • Tambahan : agar kulit kita tetap terjaga kelembapannya setelah menggunakan penyegar, kita dapat menggunakan baby oil atau olive oil dengan gerakan memijat beberapa saat dan membiarkannya kira-kira selama 10 menit kemudian bersihkan kembali dan lalu kembali ke tahan pemberian obat jerawat :)
Insya Allah dengan ikhtiar seperti cara-cara diatas, wajah antunna sekalian akan selalu terjaga kesehatan serta kesegarannya^^
          
            Selain perawatan wajah kita juga jangan sampai lupa untuk merawat rambut kita. Rambut merupakan hal yang jarang diperhatikan oleh beberapa muslimah yang berjilbab. Masalah kerontokkan bukan hal aneh lagi. Solusi dari masalah kerontokkan adalah creambath. Creambath ini dapat dilakukan dirumah sebelum keramas. Caranya dengan mengoleskan cream creambath keseluruh rambut hingga merata biarkan beberapa saat atau selamalaman (gulung rambut dengan handuk). Lalu setelah itu bersihkan, gunakan conditioner agar rambut selalu halus dan setelah keramas dapat juga menggunakan hair tonik dengan perlakuan memijat ke seluruh bagian rambut.

          Perawatan lainnya yaitu menjaga kesehatan kulit. Jangan lupa banyak minum air dan mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan. Lalu gunakan pula handbody, oleskan ketika kulit terasa kering. Selain itu untuk manjaga kehalusannya dapat juga menggunakan body scrub 1 kali seminggu. Jangan khawatir karena setiap minggu kulit akan mengalami regenerasi menjadi kulit yang baru kembali^^. 
          Belum selesai sampai disitu saja, perawatan lainnya yang sangat penting adalah kuku. Kuku adalah salah satu sumber penimbunan kotoran sehingga harus selalu dibersikan. Kuku sebaiknya jangan terlalu panjang karena kotoran-kotoran akan dengan mudah masuk diantara sela-sela kuku dan jari-jari tangan atau kaki. Jika kuku ingin agar sedikit panjang, maka setiap mandi kuku wajib disikat hingga bersih terutama bagian-bagian yang tidak terlihat (diatara kulit dan kuku). 
             
Sekian sedikit info-info perawatan sederhana yang bisa dilakukan sendiri
Semoga kita mampu menjaga amanah Allah ini (jasadiyaj) dengan baik ^^ 
..Semoga bermanfaat..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Nasihat Rasulullah Kepada Fatimah