Bulan Yang Telah Berlalu

..Bismillah..

Segala puji bagi Allah SWT yang setiap saat selalu memberikan hidayah, kenikmatan dan kekuatan iman bagi hati yang tidak konsisten ini. Semoga Dia selalu menguatkan serta meneguhkan setiap langkah-langkah perjuangan semua umat muslim di dunia untuk menyebarkan kebaikan bagi seluruh alam. Shalawat serta salam selalu terlimpah curah kepada panutan kita, manusia paling mulia dan dimuliakan olehNya dunia dan akhirat.

Beberapa bulan berlalu dengan tanpa sebarispun hikmah dikristalisasikan lewat tulisan. Hal ini mungkin dampak dari kefuturan yang sempat terbendung terlalu lama sehingga lupa untuk mengambil makna bahkan untuk medisiplinkan diri sendiri pun terlupakan akibat penyakit hati itu. Tapi kembali saya ucapkan syukur alhamdulillah kepada Allah SWT yang selalu mampu meluruskan kembali jalan dan langkah yang sempat tak terarah.

Pada bulan-bulan yang telah terlewat sejenak mari kita review kembali apa saja yang telah didapatkan dan apa saja yang menjadi evaluasi untuk bulan-bulan ke depannya, karena hadist yang menyebutkan "Jika hari ini lebih buruk dari hari sebelumnnya maka dia akan merugi". Hadist ini sebenarnya sudah sering diterapkan di beberapa disiplin ilmu, budaya-budaya di beberapa negara, bahkan telah diterapkan pada tim perencaan kelancaran produksi suatu produk pangan di industri pengolahan pangan. 

~ Review bulan Juni ~
Awal bulan Juni merupakan minggu tenang, karena pada minggu selanjutnya saya akan melaksanakan ujian akhir semester (UAS) semester 6, artinya saya akan mengakhiri semester 6 ini dengan nilai-nilai yang dihasilkan dari ujian akhir semester ini.

Sebut saja selama 2 minggu ujian saya jarang sekali menyentuh fb atau bahkan menjawab sms pun jika tidak terlalu mendesak maka saya tidak membalasnya sampai saya punya waktu luang setelah belajar. Karena saya akui handphone adalah salah satu faktor 'pengganggu' konsentrasi saya untuk memahami dan belajar untuk persiapan uas. Jadi beberapa orang yang mengsms saya saat-saat itu sering membuat saya sangat terganggu dengan sms darinya (hahaha), jadi bisa saja saya balas smsnya ketika memang saya mau membalasnya, misalka di akhir minggu (error). Begitulah, waktu-waktu cuek saya adalah ketika sedang ujian dan liburan.

Setelah lewat masa-masa ujian, saya mempersiapkan untuk PKL. Pengajuan proposal PKL telah saya ajukan 1 bulan lebih yang lalu dan pada minggu ke-2 ujian, alhamdulillah saya mendapatkan surat penerimaan dari perusahaan pengolahan yang saya inginkan^^.

Sejenak melepaskan persoalan PKL, 2 minggu setelah ujian saya menghabiskan waktu untuk berlibur atau refreshing sebelum melaksanakan PKL. Saya sempat mengikuti Studi Banding ke Universitas Gadjah Mada yang berada di Yogyakarta. Sudah lama sekali saya ingin pergi ke Yogya, karena terakhir kesana umur saya masih sangat kecil sehingga tidak ingat kenangan-kenangan apa yang pernah saya alami disana. Sebenarnya waktu kami di Yogya tidak lama, karena Stuban baru selesei pukul 2 siang. Stuban kami adalah untuk bersilaturahim dan sharing dengan Jama'ah Shalahuddin (JS). JS adalah dewan pengurus masjid besar UGM yang didirika sudah sangat lama dan memiliki kiprah dakwah yang subhanallah mampu dijadikan teladan dan mampu memacu semangat kami sebagai mahasiswa/i yang juga memiliki tujuan yang sama. Banyak hal yang kami pelajari dari JS, mulai dari bagaimana cara kerja, internal serta eksternal dari JS sendiri. Semoga saja kami dari universitas padjadjaran dengan forum komunikasi dakwah fakultasnya mampu melaksanakan pencapaian-pencapaian yang telah lebih dulu dicapai oleh temen-temen JS Ugm, insya Allah.

Hari sabtu dan minggu selanjutnya saya sempat berjalan-jalan ke Subang bersama keluarga dan sepupu-sepupu kecil saya yang lucu-lucu :3. Mereka selalu ingin tahu apa saja yang sedang saya lakukan (lucu banget). Senangnya, berkumpul dengan keluarga besar dengan segala tingkah laku yang berbeda dan kegiatan bersama yang sulit dilupakan.

~ Bulan Juli ~
Bulan Juli ini adalah masa-masa saya melaksanakan praktek kerja lapangan atau PKL sebagai salah satu prasyarat akademik untuk menyelesaikan tugas akhir. Perusahaan ini adalah industri pengolahan susu yang paling besar dan memiliki peralatan terbaik se-Indonesia (sumber: video pribadi perusahaan). Bukan hanya itu saja, perusahaan ini memang memproduksi produk dengan kualitas yang tinggi sehingga para pegawainya pun menyebut produk perusahaan mereka adalah produk mewah :).

Sebenarnya banyak yang saya ingin jelaskan tentang perusahaan, tetapi mungkin saya akan menuliskan hal-hal menarik apa saja yang bisa kita teladani dari profesionalisme kerja mereka. 
  1. Pertama kali saya datang ke perusahaan kami harus mengisi absensi dan sama sekali tidak boleh terlewatkan, mereka bilang karena kami bukan pegawai tetap kami termasuk 'tamu' sehingga kedatangan serta kepulangan pun harus dilaporkan secara rutin.
  2. Perlengkapan pada setiap ruangan di perusahaan terbilang sangat lengkap dan kebersihannya pun terjaga dengan ketat, bahkan hanya untuk kantor-kantor administrasipun sangat bersih.
  3. Seluruh karyawan datang tepat waktu dan mampu melaksanakan peraturan-peraturan dengan lancar tanpa paksaan.
  4. Tidak ada aktivitas merokok di dekat ruangan pengolahan dan disediakan alat-alat untuk membersihkan tangan dan menjaga agar ruangan tetap bersih terutama dari hama.
  5. Banyak tim yang disetting untuk menjaga agar proses produksi dan divisi-divisi lainnnya yang berhubungan dengan produksi agar dapat selalu berjalan dengan lancar dan profesional
Point-point yang saya sebutkan hanyalah beberapa point yang telah saya dapatkan setelah 1minggu mengalami PKL di perusahaan ini. Saya pikir dengan semua profesionalitas pegawainnya sehingga perusahaan mampu terus menjaga kesempurnaan produknya dan mampu menjaga kepercayaan konsumennya dari tahun ke-tahun.

Waktu PKL kami masih tersisa 2 minggu lagi, semoga semakin banyak ilmu dan pengalaman yang saya dapatkan dan saya memiliki kesempata untuk kembali berbagi tentang 'The Part of My Life' ^_^
See You~

Assalamualaikum wr,wb.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Nasihat Rasulullah Kepada Fatimah