Makna Games Dakwah

Aku ingin mengambil makna dari setiap games,saat pelantikan sf.

Karena kelompok kami adalah kelompok 6,jadi kami masuk pos3.Jumlah semua pos ada 4.Setiap pos dapat dimasuki o/2 kelompok.

Pos 3 berupa koran-koran yang dibentangkan sebanyak 4x4.Kita harus menebak-nebak koran mana yang nomer 1 sampi no 16.Setelah diketahui seluruhnya ternyata jarak-jarak antara koran berangka bervariasi,ada yang serong,lewat satu atau di depannya.

Permainan ini dilakukan untuk menjelaskan pemahaman sederhana tentang QS Al-Baqoroh,ayatnya aku lupa lagi.Ayat ini menjelaskan bahwa,Alloh tidak akan memberikan cobaan kepada kita,lebih dari kemampuan kita.

Jadi dari permainan tadi,sekilas saat dijelaskan mungkin agak sulit untuk menentukan angka-angkanya pada koran,tanpa ada aturan atau petunjuk apapun.Jadi kita memilih-milihnya juga hanya menebak-nebak saja.

Pos ke 4 adalah kapal dakwah.Permainannya yaitu harus dapat membalikkan terpal dengan kaki dan semua peserta berada di atasnya.

Makna yang diangkat dari sini kalo tidak salah adalah,kita harus dapat bergerak dengan tepat pada bidang dakwah yang sangat sempit dan terpal tersebut adalah bidang dakwah kita.

Pos ke 1 yaitu harus berkata 4w1hu akbar saat mendengar angka 3 atau kelipatanya.

Makna dari permainan ini adalah,kita harus penuh perhitungan dalam berdakwah,juga harus teliti dan tepat dalam menentukan langkah selanjutnya.Kita pun harus melihat atau belajar dari orang lain untuk menentukan langkah kita agar lebih baik.Memahami situasi pada bidang dakwah kita,untuk dipahami dan dicari solusi terbaik untuk penyampaian dakwah.

Pos 2 adalah membuat lingkaran dari tangan-tangan yang saling menggenggam.

Permainan ini bermakna,kita harus dahulukan tangan yang diatas maksudnya kita harus menyelesaikan urusan yang paling dekat atau yang paling penting terlebih dulu,agar dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan lain selanjutnya.

Seluruh pos telah kami lewati.Dan games yang terakhir adalah simulasi perang untuk mendapatkan panji yang dilindungi oleh masing-masing ketua dan prajurit-prajuritnya.

Teknisnya adalah seluruh kelompok dibagi menjadi 2 kelompok besar,ditentukan ketuanya,prajurit penyerang,prajurit pelindung panji dan prajurit yang dapat berperan sebagai keduanya.

Cara untuk mematikan prajurit adalah dengan mencopot syal yang terikat di tangan masing2 prajurit.Untuk membedakan prajurit,kelompok pertama mengikatkan syal di tangan kanan dan kelompok kedua di tangan kiri.

Makna dari permainan ini adalah,kita harus berusaha sekuat mungkin untuk melindungi nyawa kita berupa syal dan merebut panji, dengan melucuti satu per satu syal prajurit lawan.Kita pun harus tetap menjaga agar pemimpin kita aman dari serangan luar yang dapat menggoyahkan tujuan dakwah kita.

Acara diakhiri dengan pelantikan dengan ikrar bersama, bersedia mengemban amanah dakwah di fakultas karena Allah ta'ala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Resensi buku "Membentuk Karakter Cara Islam"