Berhikmah diawal bulan

بسم الله الرحمن الرحيم

Ternyata oh ternyata..
Tidak ada yang 'pasti' dalam kehidupan
Begitupun tidak ada 'garansi' dalam kehidupan
Semua hal memiliki 2 sisi, sisi baik, sisi buruk
2 mata pisau, 1 yang bisa mendukung serta membahagiakan
1 lagi yang bisa mengancam dan memojokkan

Begitupula manusia, manusia sangat sangat fragile dalam hal ini
Tidak ada manusia yang bisa kita percayai 100%
Even itu orang tua kita sendiri
Karena rasa kasih sayang dan kepercayaan itu different segment
Kedua kudu di gain dengan cara yang berbeda
Begitupun achievementnya akan berbeda

Mungkin hal itu juga yang bikin diri ini sadar
Kalau kepercayaan itu mending digantungi sepenuhnya kepada Allah
Pencipta kita yang paling ridho atas segalanya yang terbaik bagi kita

Pernikahan yang aku damba-dambakan sejak dulu pun
Ternyata oh ternyata, tidak berjalan mulus kayak jalan tol
Kayaknya lebih dominan masalahnya dan masalah itu pernah bikin trauma atau skeptik juga
Tapi percuma menyesali apa yang sudah terjadi
Hikmahnya mungkin, gue kurang ngumpulin ilmu agama untuk ngatasin semua permasalahan dalam pernikahan
Begitu juga permasalahan sama diri gue sendiri
Yang seringnya ga gue sadari, tapi akhirnya menjadi boomerang dan nyerang gue di akhir

Gue juga baru bener-bener melek
Kalau dunia orang dewasa itu ga sederhana bos
Kudu banyak manuver-manuvernya biar ga kena jebakan mematikan
Kudu punya strategi dan visi ke depan
Jangan asal jalan-jalan aja sampe masuk jurang

Kalau boleh gue pengen nampar diri sendiri yang dulu
Kenapa lu ga persiapin dunia dewasa lu dengan sebaik-baiknya
Jangan lu malah santai-santai aja cari aktivitas random yang ga ada kaitannya sama visi lo di masa depan
Gue pengen banget banget ngingetin anak gue
Supaya dia bisa punya mindset yang besar, visi yang besar biar ga kejebak dalam angan-angan seperti gue saat usia 20an

alhamdulillahnya sekarang gue sadar
bukan sekedar berusaha menjadi orang baik yang taat
tapi juga orang baik yang lihai berstrategi dan membangun branding yang kece
bukan masalah uang, tapi bekal menghadapi dunia dewasa yang penuh pressure, tanggung jawab dan pembuktian

Gue juga menjadi mantu yang awalnya manut-manut terus
stres sendiri terus, jadi mantu yang savage
berani mengambil keputusan untuk bebas dari ketek mertua
emang ga mudah, tapi rasanya begitu lapang, tenang dan jiwa leadership gue kayak abis disuntik booster glowing

Cuap-cuap kemana-mana sih ini
tapi biarin, namanya hidup itu belajar
belajar menerima diri kita di masa lalu
biar masa depan kita bisa lebih bijaksana
ga ngotot tapi yakin sama apa yang kita jalani
dan ga lagi ngerasa insecure, kecewa terus menerus sama masa lalu yang tidakkan pernah kembali
lebih baik merangkai bunga di jalan yang akan kita lewati nanti
daripada terus menerus mengutuk masa lalu yang sudah kita lewati


Komentar

Postingan populer dari blog ini

The problem is YOU!

Tentang Tarbiyah & Halaqah

Sungguh Menyakitkan