Material Review HQ

بسم الله الرحمن الرحيم

Alhamdulillah kemarin (30/8) saya dipertemukan kembali dengan orang-orang hebat dalam pembinaan yang rutin selalu dilakukan oleh mereka. Biasanya rasa malas, bosan, lelah, jauh selalu menyelimuti niat diri untuk mengikuti tarbiyah. Namun pekan ini rasanya semangat untuk mengejar ketertinggalan begitu besarnya. Akhirnya dengan sebuah pesan singkat yang masuk melalui media sosial menggerakkan diri untuk konfirmasi kehadiran.

Pembahasan kali ini mengenai beberapa hal yang tidak aku tau dan hal-hal yang sudah diketahui sebelumnya namun direview kembali..

Niat
"Suatu amal kecil menjadi besar karena niat, sebaliknya suatu amal besar menjadi kecil karena niat"

Niat menjalankan amal kebaikan itu bisa dibarengi dengan beberapa niat lain dalam satu aksi. kecuali dalam ibadah.

Sebagai contoh; perginya kita ke sekolah bisa diniatkan sebagai ikhtiar menuntut ilmu, bersilaturahmi, berbuat kebaikan, bersedeqah.

Bara Api 
Diakhir zaman nanti, syariat islam yang ingin kita jalankan demi meraih ridho' Allah dan kita pegang sebagai acuan hidup itu bagaikan memegang bara api. Sangat panas, menyakitkan, namun harus terus kita pegang.

Menyesalnya orang yang shalat
Allah menyebutkan dalam Al-Qur'an, akan menyesal seseorang yang menjalankan shalat apabila ia melaksanakan shalat dengan lalai kepada Allah SWT

Kompetensi
Kompetensi digunakan bukan sekedar untuk meraih posisi di perusahaan atau di masyarakat, namun juga untuk menjadi pejuang-penjuang dakwah Illallah. Kita pun perlu mempertimbangkan kompetensi, skill dan kemampuan apa yang bisa kita gunakan untuk memberikan yang terbaik bagi umat.

Fitnah akhir zaman
Generasi kita selanjutnya akan menghadapi fitnah akhir zaman yang semakin memburuk. Kini sudah ditunjukkan dengan syariat-syariat islam yang dipandang ekstrim, sedangkan perbuatan-perbuatan yang hampir mendekati zina dijadikan lumrah dan keharusan bagi generasi muda untuk menikmatinya.

Nikmat tarbiyah
Yakinlah bahwa kesempatan dan pertemuan tarbiyah adalah karunia Allah SWT karena Ia mencintai kita dan ingin kita agar selalu dekat denganNya, memperjuangkan agamaNya dan bersungguh-sungguh dalam meraih ridho'Nya.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Resensi buku "Membentuk Karakter Cara Islam"