~Review From The Last~

Bismillahirrahmanirrahim
(Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih Maha Penyayang)
Yang cintany tidak pernah padam dan kasih sayangnya tidak pernah hilang ^^

Alhamdulillah wa syukurillah saya masih diberikan kemampuan untuk menulis kembali, berfikir dengan akal yang sehat, bernafas dengan tubuh yang sehat, melihat dengan sangat jelas, berada di dalam keluarga yang selalu mengharapka ridha dariNya dan kenikmatan-kenikmatan lain yang tidak terhitung kuantitasnya.

Sudah 2 bulan sejak terakhir saya menulis kembali. Sudah menumpuk berbagai ilmu dan pengalaman yang ingin saya tuangkan dalam tulisan. Sedikit mereview 2 bulan yang telah terlewat : 

Juli 2010
Saya mengikuti kepanitiaan universitas, lebih tepatnya penyambutan mahasiswa baru. Nama acara resminya "Penyambutan Keluarga Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran" atau bisadisingkat PRABU Padjadjaran. 
Alhamdulillah saya terpilih menjadi Koordinator Divisi Dana Usaha (Danus), yang bertugas mencari dana untuk mendukung keberhasilan  keberlangsungan acara dan operasional panitia. Hal ini menjadi sebuah pengalaman hebat untuk saya yang sama sekali belum pernah merambah ke ranah universitas. Sejak saya menjadi mahasiswa Unpad, kegiatan saya terfokus pada ranah fakultas tanpa. Kesempatan ini sempat membuat saya ragu, selain karena pengalaman yang sangat minim dan amanah yang berkaitan dengan bidang terpenting di dalam suatu kepanitiaan (keuangan).
Acara ini berlangsung pada tanggal 16-17 Agustus 2010, yang diawali dengan proses herregistrasi mahasiswa pada tanggal 17 Juli 2010 - 15 Agustus 2010. Beberapa divisi ikut serta dalam proses ini, seperti divisi pendamping kelompok (PK), publikasi dan komunikasi (Pubdok), Medik, Acara dan dana usaha (Danus).

Kepanitiaan ini mengajarkan dan memfasilitasi saya untuk mendapatkan pengalaman yang lebih luas dan menantang. Pengalaman yang saya dapatkan :
1. Saya diposisikan sebagai orang yang harus dapat mengambil keputusan terbaik dalam waktu singkat, sehingga memberikan pelajaran kepada saya agar tidak menjadi orang yang sering ragu-ragu untuk menentuka pilihan.
2. Saya diamanahkan untuk menjadi seorang pemimpin dari sekumpulan orang-orang yang baru saja saya kenal lewat, saya belajar cara untuk memahami sifat seseorang dan cara berkomunikasi yang lebih baik denganya.
3. Secara tidak langsung saya diajarkan cara birokrasi dan sosialiasi dengan khalayak banyak, sehingga  saya  dapat belajar dan tidak lagi canggung untuk mengungkapkan ide dan pendapat saya sendiri.
4. Saya dituntut untuk merencanakan langkah-langkah yang tepat untuk mencapai target yang diinginkan dan menyesuaikannya dengan waktu yang relatif pendek.
5. Saya diposisikan sebagai orang yang mampu mewakili aspirasi dari staf-staf saya lewat sebuah forum umum yang belum pernah saya alami.
6. Saya dituntut untuk mempertanggung jawabkan segala sesuatu yang telah saya jalani selama melaksanakan arahan kerja yang telah ditetapkan.
7. Saya diingatkan kembali kepada hakikat sebuah amanah, yang disampaikan kepada saya dari Allah azza wa jalla untuk menjaga keimanan saya, ahlaq saya dan untuk meningkatkan kualitas pribadi saya sendiri, dari aspek komunikasi, keahlian, manajemen, dsb.
8. Dan masih banyak pengalaman-pengalaman lain yang saya dapatkan.

Selain kepanitiaan saya juga mengikuti semester pendek, selain untuk mengisi waktu luang juga untuk meningkatkan nilai indeks penilaian saya.

Di bulan juli ini pun, sebagian angkatan saya Teknologi Pangan 2008 mengikuti KKNM(Kulian Kerja Nyata Mahasiswa). Sebenarnya hampir seluruh angkatan kami dapat mengambil KKNM ini, termasuk saya. Tetapi karena alasan kepanitiaan, organisasi, amanah, dll kami memutuskan untuk menunda KKNM kami. Hal ini sama sekali tidak mengurangi kesempatan kami (yang belum mengikuti KKNM) untuk memperlambat kelulusan, karena KKNM akan diadakan kembali tahun depan tepatnya pada tanggal 10 Januari 2010 hingga 10 Februari 2010 :), Insya Allah.

Selain kepanitiaan di tingkat universitas, ada pula kepanitiaan fakultas saya. Nama acaranya "Univation", acara ini adalah yang diadakan setiap tahun oleh jurusan kami (TeknoPang). Banyak konten-konten acara di dalamnya yaitu lomba pengembangan produk makanan baru, seminar seputar pangan dan pengembanganya, acara hiburan dll. Tapi saya tidak mengikutinya, karena saya merniat untuk menjadi salah seorang peserta di acara tersebut.

Agustus 2010
Masih dengan kesibukan saya di dalam kepanitiaan Prabu dan ujian akhir semester pendek, juga persiapan saya dalam menyambut bulan suci 1000 bulan, Eid Mubarak (Bulan Suci Ramadhan).
Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu tiba, sampailah pada 1 Ramadhan 1431H.
Di bulan ini saya dan teman-teman merencanakan untuk menentukan target ramadhan, dari tausyiah saya belajar untuk memanfaatkan bulan ini semaksimal mungkin, dengan kegiatan-kegiatan kampus lainnya. Bulan suci ini saya dan teman-teman menentukan target agar kami tidak termasuk kepada orang-orang yang merugi karena telah membiarkan bulan ini berlalu begitu saja tanpa adanya peningkatan ahlaq dan juga ketaqwaan.

Bulan dimana pahala ibadah dilipatgandakan, waktunya kita menahan lapar, dahaga serta hawa nafsu yang akan digantikan oleh Allah pahala langsung darinya. Walaupun masih dalam kesibukan seputar kampus, amalan-amalan yaumiyah selama bulan ramadhan pun tidak boleh ditinggalkan, seperti yang nasihat dari seorang teteh yang bijak kepada saya dan teman-teman.

Yang paling memotivasi saya adalah kalimat "Jika waktu siang kita digunakan untuk berlelah-lelah melaksanakan aktivitas karena Allah, maka itu menandakan bahwa shaum kita selama satu hari dikatakan berhasil, karena shaum ini waktunya meningkatkan segala kapasitas kita yang standar kepada yang lebih tinggi lagi". juga kalimat "Di bulan ramadhan ini syetan-syetan diikat, sehingga jika ada sifat-sifat buruk manusia seperti malas, menunda-nunda shalat dan perkerjaan lain, berbohong dan menyakiti hati saudaranya, berarti itu bukan karena godaan syetan melainkan karena sifat dasar dari manusia itu sendiri, sehingga bisa bersikap demikian. Naudzubillahimindzalik, semoga kita tidak di golongkan kepada orang-orang yang demikian. 

Kemudian di bulan suci ini pun terlaksana pula acara Prabu 2010 dan peringatan hari kemerdekaan indonesia, yang bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2010 ^^. Sungguh kesempatan indah yang datang bersamaan. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unintentional Supply

Essential of Love

Nasihat Rasulullah Kepada Fatimah